Iklan

dr. Grace; Memahami Penggunaan Masker, Dinas LH; Kualitas Udara Masih Berbahaya

Suaratebo
Senin, 23 September 2019 | 23.9.19 WIB Last Updated 2019-09-23T04:17:20Z


Suaratebo.net, Muara Tebo - Banyaknya terjadi kebaran lahan di berbagai daerah, menimbulkan efek yang sangat tidak baik untuk kesehatan masyarakat, yang berdampak terhadap kesehatan paru – paru, tidak sedikit yang menderita penyakit sesak nafas. (23/09/2019).
Karena besarnya dampak kabut asap tersebut banyak warga yang berinisiatif menjaga kesehatannya dengan menggunakan masker hidung, untuk melindungi diri dari dampak kabut asap tersebut, namun tidak sedikit pula masyarakat yang enggan menggunakan masker.
Hari ini kualitas udara di kabupaten tebo masih berbahaya tingkat ISPU yang masih tinggi, pada pukul 05.00 pagi tingkat pencemaran udara Pm10 = 506.8, ISPU 407 dan pada pukul 10.18 hari ini Pm10 = 469.6, ISPU 362 kalam kategori berbahyaa seperti yang di jelaskan oleh Eko Putra SH, M.Si Selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup
“Untuk kualitas udara saat ini di kabupaten tebo, pada pukul 05. 00 Pm10=506.8 ISPU 407 sedangkan pada pukul 10.18 Pm10 = 469.6 ISPU = 362 kategori berbahaya, walaupun kita lihat angkanya menurun, tetapi tetap masih kategori berbahaya” jelasnya kepada Suaratebo.net
Berbicara mengenai masker, banyak sekali masyarakat awam yang belum begitu paham dengan penggunaan masker, maksudnya adalah sisi baigan mana yang di dalam dan sisi bagian mana untuk diluar, banyak sekali pengguna masker dengan posisi menggunakan maskernya dengan sisi putih di bagian dalam atau sebagai penutup hidung, dan sisi berwarna pada bagian luar.
Mari kita kenali dulu maskernya, seperti apa dan bagaimana :
Masker biasa atau yang dikenal dengan nama masker bedah (surgical Mask) yang sudah umum digunakan masyarakat umum , biasanya memiliki bagian luar berwarna hijau atau warna lainnya dan bagian dalamnya berwarna putih serta memiliki tali/ karet untuk memudahkan dalam penggunaan.
Masker ini biasa digunakan oleh tenaga kesehatan ketika melakukan tindakan operasi dan efektif  sebagai penghalang  cairan dari mulut  dan hidung sehingga tidak menkontaminasi sekeliling.
Berbeda dengan masker N95 Masker jenis N95 ini jauh lebih efektif menyaring partikel debu yang berukuran kecil dibawah 10 PM. Selain itu, masker N95 juga nyaman digunakan karena dilengkapi dengan nose foam pad yang dilapisi busa sehingga lembut dan menghindari pengembunan bagi para pengguna kacamata.
Untuk penggunaan masker lapisan paling dalam yang berwarna putih, merupakan lapisan yang paling nyaman karena bersentuhan dengan kulit wajah kita, sementara lapisan tengah adalah filter statis, lapisan ini terbuat dari bahan yang disebut spunbond non woven. fungsinya adalah untuk menghalangi apabila air liur yang mengandung penyakit menyebar seperti batuk atau bersin, sedangkan lapisan luar yang merupakan material khusus mencegah masuknya mikropartikel.

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Nathaly Grace Pasaribu saat dikonfirmasi;
“Sebelumnya kita harus tau dulu apa fungsi dari masker tersebut, serta manfaat lapisan – lapisan pada masker, untuk masker pada umumnya yang digunakan masyarakat umum biasanya pada lapisan dalam berwarna putih bagian dalam, selain halus baik, karena kelembutannya tidak menggores wajah, sedangkan lapisan tengah merupakan filter statis, yang menahan air liur yang mengandung virus seperti batuk dan bersin, dan untuk lapisan luar yang berwarna adalah lapisan yang berguna untuk mencegah masuknya mikro partikel saat menghirup udara, tentunya dengan demikian kita sudah mengetahui bawha lapisan putih lembut merupakan bagian yang menutupi hidung” jelas dr. Grace saat dikonfirmasi media suaratebo.net. (HS-ST)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • dr. Grace; Memahami Penggunaan Masker, Dinas LH; Kualitas Udara Masih Berbahaya

Trending Now

Iklan