Blanko e-KTP Kosong, Warga Diminta Jangan Resah

Bangzie
Blanko e-KTP Kosong, Warga Diminta Jangan Resah

Suaratebo,net. Tebo - Membludaknya masyarakat tiap harinya melakukan perekaman e-KTP di Dinas Dukcapil Tebo membuat blanko Kosong. Meski demikian, Dukcapil wajib mengeluarkan surat keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP sementara yang fungsinya sama dengan e-KTP.

Terkait kekosongan blanko tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Tebo melalui Kabid Pengelolaan Informasi administrasi kependudukan (PIAK) Bekti Very Densi selaku. Mengaku bahwa Blanko e-KTP di Dukcapil memang tengah kosong.  

"saat ini blanko sedang kosong, hal tersebut dikarenakan tiap harinya ada ratusan warga yang melakukan perekaman e-KTP," Kata Bekti Rabu (09/01/2019).

Untuk itu, lanjut Bekti, dirinya minta kepada masyarakat jangan resah. Karena Dukcapil punya solusi jitu untuk menganti KTP sebagai syarat keperluan Administrasi.

"Yang jelas jangan resah, karena bukan di Tebo saja yang kosong. Di daerah lain juga mengalami hal yang sama karena ini kebutuhan Nasional," jelas Bekti.

Saat ditanya apakah pihak Dukcapil sudah mengajukan blanko e-KTP, Bekti menerangkan pihaknya sudah melakukan pengajuan ke Dukcapil Provinsi untuk ditindaklanjuti ke Pusat.

"Yang kita ajukan ada sekitar 10 Ribu Blanko, biasanya blanko itu datangnya bertahap. Kadang datangnya 1000 sampai 2000 dulu," ujarnya.

Menurut Bekti, kekosongan blanko ini terjadi sejak akhir tahun 2018 lalu, dan kemungkinan blanko e-KTP akan tiba di Tebo dua bulan ke depan. Hal ini dikarenakan di Kabupaten lain juga mengajukan. 

Pantauan media ini di Kantor dukcapil Tebo terlihat ada ratusan warga yang tengah mengantri di ruang tunggu baik itu melakukan perekaman e-KTP maupun ingin membuat kartu keluarga (KK) dan lain sebagainya. (ST,end)
Pos Terkait