Pemkab Inventarilasasi Konflik Lahan Antar Masyarakat Dan Perusahaan

Suaratebo.net, Tebo – Demi menyelesaikan persoalan dan perlindungan hukum atas hak masyarkat yang telah menguasai lahan dalam kawasan k...


Suaratebo.net, Tebo – Demi menyelesaikan persoalan dan perlindungan hukum atas hak masyarkat yang telah menguasai lahan dalam kawasan konsesi PT. Lestari Asri Jaya (LAJ) dan PT. Wanamukti Wisesa (WW), tim penyelesaian konflik yang telah dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Tebo telah melakukan inventarisasi terhapap pemilik lahan dan jumlah luasan lahan yang telah dikuasai.

Pada fase pertama, tim yang diketuai langsung oleh Wakil Bupati Tebo, Syahlan Arfan ini telah melakukan pendataan partisipatif sekitar 700 jiwa masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan VII Koto dan Kecamatan VII Koto Ilir.

Syahlan Arfan, Wakil Bupati Tebo, mengatakan bahwa pendataan ini dilakukan terkait janji pihak PT. LAJ dan PT WW yang akan membina masyarakat yang telah menguasai lahan di kawasan konsesi perusahaan tersebut.

“Masyarakat yang telah menguasai lahan dibawah 10 ha akan dibina dan lahannya tidak digusur. Dengan catatan lahan tersebut memang benar-benar digarap dan masyarakat penggarap tinggal di sana. Itu janji perusahaan kepada kita. Makanya kita bentuk tim untuk melakukan inventarisasi,” kata Syahlan usai rapat Konsolidasi hasil inventarisasi tim di ruang rapat Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Tebo, Senin (31/12).

Tujuan inventarisasi, lanjut Syahlan menjelaskan, untuk mengetahui siapa masyarakatnya dan berapa luas yang telah digarap atau dikuasai. “Kalo memang itu lahan mereka dan luasnya tidak sampai 10 ha namun di gusur juga oleh perusahaan, ini yang akan kita tanyakan kepada perusahaan. Apa alasanya,”kata dia lagi.

“Intinya kita ingin membantu masyarakat dengan apa yang bisa kita lakukan. Makanya kita banyak melakukan negosiasi, baik sama pihak perusahaan, pihak terkait seperti Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Polres Tebo, Kejaksaan, Pengadilan dan pihak-pihak lainnya,”jelas dia.

Untuk itu Syahlan minta kepada masyarakat agar jangan khawatir atas apa yang tengah dan akan dilakukan oleh tim dalam melakukan inventarisasi. “Kalau masyarakat khawatir jika lahannya bakal digusur,saya tegaskan tidak akan ada pengusuran. Ini kita lakukan semata-mata untuk membantu masyarakat,”tegas dia.

Ditanya apakan ada kendala dalam melakukan inventarisasi, Syahlan mengataka, “Kalau kendala tetap ada, Masyarakat bayak yang tertutup saat dilakukan inventarisasi. Masyarakat ada yang tidak mau kita inventarisasi, dan masih ada anggapan masyarakat kalo tim yang kita bentuk ini adalah besukan perusahaan, padahal tidak. Ini murni tim bentukan Pemda, bahkan ada SK nya Bupati,” tegas dia.

Diakui syahlan, jika sejauh ini pihaknya tidak punya data terkait sengketa lahan antara masyarakat dengan pihak perusaha. Begitu juga dengan pihak perusahaan, juga tidak memiliki data.

“Sudah sekitar 8 tahun bersengketa, sampai saat ini kita maupun pihak perusahaan tidak memiliki data. Bahkan ditingkat desa juga tidak memiliki data. Jadi inventarisasi ini adalah langkah kongkrit kita untuk menyelesaikan persoalan ini,” ujar dia.

Hasil dari inventarisasi ini, kata Syahlan, nantinya akan ditindaklanjutkan. Apakah nantinya akan diserahkan ke pihak kehutanan,ke kementerian atau ke perusahaan.“Dengan ini kita bisa melindungi masyarakat kita. Baik itu Tebo maupun masyarakat yang tidak terdaftar di Tebo,” katanya.

Terpisah, General Maneger (GM) PT LAJ dan PT WW, Widiarsono mengaku sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh Pemkab Tebo dalam berupaya menyelesaikan konflik lahan antara masyarakat dengan perusahaan. Menurut dia, inventarisasi yang dilakukan oleh tim Pemkab Tebo terhadap penggarap lahan adalah upaya untuk mengetahui siapa saja masyarakat pengarap lahan di wilayah izin kosensi perusahaan.

Jujur kata dia, selama ini pihaknya buta soal data penggarap lahan di lokasi izin kosensi perusahaan. Dengan adanya inventarisasi ini setidaknya bisa membantu perusahaan dalam mengimplementasikan kebijakan perusahaan dengan masyarakat yang mengelola lahan. “Selama ini kan kita tidak tahu, tiba-tiba lahan dalam izin kosensi kita, pas mau kita garap tahu-tahu ribut,”kata dia.

Disingung terkait isu yang mengatakan jika masyarakat banyak yang resah terkait inventarisasi ini, Widiarsono mengatakan, “Saya lihat tim inventarisasi ini sudah sangat baik. Tim melakukan sosialisasi dan pendataan partisipatif dalam artian pendataan yang tidak pernah dipaksakan. Tim mebagikan formulir dan diisi oleh masyarakat, kemudian masyarakat mengembalikan folmulir tersebut kepada tim, ini kan artinya tidak ada pemaksaan,” jelasnya.

“Mayarakat sendiri yang menginformasikan kepada tim bahwa dia menguasai dan mengarap lahan dengan luasan tertentu dan lokasi tertentu. Kemudia apabila ada isu mayarakat resah, saya tidak percaya. Itu masyarakat yang mana,” pungkasnya. (ST-BS2)

Name

ADVERTORIAL,43,ADVETORIAL,1,EDUKASI,47,EKOBIS,13,EKONOMI BISNIS,18,HUKRIM,452,PEMERINTAH,518,POLITIK,17,RAGAM,442,RAGAM INFORMASI,312,SLIDE,7,VIDEO,30,VIRAL,6,
ltr
item
Suara Tebo: Pemkab Inventarilasasi Konflik Lahan Antar Masyarakat Dan Perusahaan
Pemkab Inventarilasasi Konflik Lahan Antar Masyarakat Dan Perusahaan
https://1.bp.blogspot.com/-iVK1Pf_g3lA/XCneK_sQG6I/AAAAAAAAEqw/NOSyIW70QJwPdwHA2oDeS-GIsSuZVptGQCLcBGAs/s1600/PicsArt_12-31-04.09.12.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iVK1Pf_g3lA/XCneK_sQG6I/AAAAAAAAEqw/NOSyIW70QJwPdwHA2oDeS-GIsSuZVptGQCLcBGAs/s72-c/PicsArt_12-31-04.09.12.jpg
Suara Tebo
https://www.suaratebo.net/2018/12/pemkab-inventarilasasi-konflik-lahan.html
https://www.suaratebo.net/
https://www.suaratebo.net/
https://www.suaratebo.net/2018/12/pemkab-inventarilasasi-konflik-lahan.html
true
2586284078587236435
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy