Pasca Banjir, Dinkes Tebo Minta Warga Terapkan Pola PHBS

Iklan

Pasca Banjir, Dinkes Tebo Minta Warga Terapkan Pola PHBS

Selasa, 13 November 2018 | 13.11.18 WIB


Suaratebo,net. Tebo - Pasca banjir yang melanda wilayah Kabupaten Tebo beberapa hari lalu membuat sejumlah virus penyakit mulai bermunculan. Hal tersebut bukan barang baru lagi, pasalnya sampah bekas olahan rumah tangga atau limbah kerap menggenangi pekarangan rumah pada saat musim banjir.

Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tebo, M. Ridwan meminta agar warga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mengantisipasi serangan virus penyakit pasca musim banjir.

"tentu masyarakat harus terapkan pola PHBS, apalagi pasca banjir ini berbagai macam penyakit menular kerap bermunculan," pinta Ridwan, selasa (13/11/2018).

Virus penyakit yang sering bermunculan, lanjut Ridwan, berupa gatal-gatal, ISPA dan DBD. Penyakit ini rentan menyerang warga yang fisiknya lemah, apalagi bagi anak-anak. "sebelum kasus ini menyerang kita, lebih kita lakukan pencegahan sejak dini," kata Ridwan.

Untuk mengantisipasi penyakit ini, Dinas kesehatan akan mengerahkan petugas medis dan harus standby di lokasi yang terkana banjir. Bahkan, pihaknya juga sudah menyediakan beberapa macam obat untuk kasus penyakit tersebut.

"Semua sudah kita siapkan, mudah-mudahan tidak ada kasus," terangnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada warga untuk memeriksa kesehatan ke tenaga medis, bila penyakit tersebut ada pada diri warga untuk secepatnya konsultasikan ke puskesmas terdekat.

"Jika sudah terkena penyakit tersebut, cepat konsultasikan ke Puskesmas atau langsung ke rumah sakit hal ini dilakukan agar tidak sampai menular ke yang lain," pungkas Ridwan. (ST,end)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasca Banjir, Dinkes Tebo Minta Warga Terapkan Pola PHBS

Trending Now

Adsen