Ibarat Kebun Berjalan, Tapi Inilah Yang Dilakukan Dinas TPHKP Tebo

Suaratebo
Ibarat Kebun Berjalan, Tapi Inilah Yang Dilakukan Dinas TPHKP Tebo


Suaratebo.net, Muara Tebo – Ikut memeriahkan pawai pembangunan pada HUT RI ke 73 Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan (TPHKP) Kabupaten Tebo, tampil maksimal, kekompakan dalam barisan yang terlihat rapi, panas terik bukan halangan bagi mereka untuk tampil lebih maksimal.


Selain menampilkan baris – berbaris, Dinas TPHKP Kabupaten Tebo yang notabenenya lebih familiar dengan pertanian, sehingga untuk pawai tahun inipun Dinas TPHKP menampilkan mobil hias yang diselimuti dengan aneka tanaman pangan yang menjadi ciri khas Kabupaten Tebo, seperti yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas M. Ziadi, SP. M.Si.
“Kita ikut memeriahkan pawai di hari HUT RI ke 73 ini bukan untuk merebut juara atau lainnya, namun disini kita lebih menonjolkan keanekaragaman tanaman pangan kabupaten tebo yang mampu diolah menjadi panganan lokal, bahkan di budidayakan lebih banyak lagi” jelasnya.


Namun pada saat awak media menanyakan apa yang menginspirasi model kendaraan hias Dinas TPHKP, Kabid Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Nanang Suyanto, S.ST menjelaskan, “Pada dasarnya kebutuhan pangan kabupaten tebo berasal dari hasil bumi, sudah selayaknya kita menampilkan apa saja yang dimiliki bumi kabupaten tebo, ini hanya beberapa item saja yang kita tampilkan, pada intinya yang kita tampilkan kali ini juga untuk memotivasi warga yang menyaksikan pawai pada hari ini (18/08/2018) untuk tergerak hatinya untuk ikut membudidayakan tanaman pangan, apapun bentuknya, mari memanfaatkan lahan pekarangan disekitar rumah kita” jelasnya singkat namun padat.





Tanaman pangan memang sudah menjadi bahan pokok bagi masyarakat dalam mengkonsumsi, namun jika sedikit masyarakat yang melakukan kegiatan bertani, maka kebutuhan pangan akan menjadi sulit dan mahal, namun sebaliknya akan mampu malakukan swasembada pangan, terutama desa mandiri pangan. (HS)


Pos Terkait