KRPL Efisien Dalam Keragaman Pangan dan Ekonomi Masyarakat

KRPL Efisien Dalam Keragaman Pangan dan Ekonomi Masyarakat



Suaratebo.net, Muara Tebo – Salah satu fasilitator dari kegiatan lomba menu masak Beragam Bergizi Seimbang dan Aman serta sebagai percontohan pada lomba tersebut Dinas Tanaman Pangan Hotikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo (TPHKP) melihat keberagaman tampilan menu lokal yang di aula utama kemarin (27/02/2018) yang cukup bervariasi, namun menu tersebut tidak ditemui pada menu sehari – harinya. (28/02/2018).
Sebelumnya saat pembukaan kegiatan lomba Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom, M.Si menghimbau masyarakat untuk selalu memanfaatkan lahan pekarangan yang  ada dihalaman sekitar, dalam hal ini Dinas TPHKP memiliki program khusus dibidang tersebut yakni Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dimana kegiatan ini yang tujuannya adalah memanfaatkan lahan pekarangan di rumah, hal ini dibenarkan oleh Ir. Sarjono selaku Kepala Dinas TPHKP.
“memang benar kita memiliki program yang namanya KRPL, ini benar – benar memanfaatkan lahan pekarangan yang ada dirumah dan kegiatan ini sasarannya adalah Kelompok Wanita Tani (KWT), hal ini kita lakukan selain membantu petani dalam penyediaan ragam tanaman pangan dan bisa menciptakan olahan pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA), selain itu juga efektif dalam meningkatkan ekonomi keluarga, tujuan KRPL itu sendiri adalah meningkatkan kesadaran, peran, dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan B2SA” Jelasnya ketika dikonfirmasi.
Saat ini Dinas TPHKP sedang gencar – gencarnya dalam melaksanakan pembangunan di sector pertanian mulai dari strategi penambahan luas tanam hingga peningkatan produktivitas hingga produksi pertanian. (ST – HS)