Bupati Sukandar; Penilaian Harus Objektif

Iklan

Bupati Sukandar; Penilaian Harus Objektif

Suaratebo
Selasa, 27 Februari 2018 | 27.2.18 WIB
Suaratebo.net, Muara Tebo – beragam olahan pangan yang ada di kabupaten tebo, tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan camilan khas daerah, Tim PKK Kabupaten Tebo bersama Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan (TPHKP) serta Dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (BUNAKAN) melaksanakan kegiatan lomba cipta menu masak Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serta serba ikan, yang dilaksanakan di Aula Utama, dalam kegiatan dihadiri oleh Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom, M.Si dan Wakil Bupati Tebo H.  Syahlan Arpan, SH serta OPD dan 11 Kecamatan lingkup pemerintahan Kabupaten Tebo. (27/02/2018)


Kegiatan Cipta Menu B2SA dan serba ikan dibuka langsung oleh Bupati Tebo, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK kabupaten tebo serta dinas TPHKP dan dinas Bunakan atas dilaksanakannya ini, Sukandar juga menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada dihalaman rumah untuk ditanami sayuran yang bermanfaat untuk keluarga, belum bisa dikatakan kalau makanan yang enak itu termasuk dalam kategori B2SA, lebih baik beragam namun bergizi, karna keberagaman pangan sangat beragam  sangat bermutu dalam keseimbangan gizi, seperti dalam sambutannya.

"Mari kita manfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran, yang tentunya sangat bermanfaat bagi keluarga dan terhindar dari penyakit, ditambah lagi keberagaman keberagaman pangan lokal yang sangat beragam, ini bisa saja  dikembangkan menjadi potnesi UMKM bagi masyarakat, minimal olahan yang dibuat bisa dijadikan camilan khas daerah bahkan sebagai oleh - oleh bagi pendatang" jelas Sukandar dalam sambutan sekaligus membuka acara.


Hal senada juga dikatanakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Saniatul Lativa, SE, MM "Keberagaman pangan olahan lokal yang ditampilkan sangat beragam, ini bisa saja dikemas dan dijual sebagai panganan khas daerah bahkan mungkin untuk luar daerah tentunya dengan adanya dukungan pemerintah daerah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan" paparnya.

Sukandar menambahkan "agar dalam penilaian nantinya juri perlombaan dalam melakukan penilaian harus benar –benar objektif dan tidak tebang pilih, maka akan diketahui olahan pangan mana yang benar - benar bergizi seimbang dan aman" tutupnya.



Usai pembukaan acara diteruskan dengan penilaian masing – masing tampilan menu masing – masing OPD dan 12 Kecamatan, penilaian dilakukan mulai dari jam 10.30 sampai jam 16.00 penilaian yang cukup alot dan memakan waktu, penilaian sendiri tidak dinilai dari bentuk tampilan saja, namun dari nilai gizi, karbohidrat dan lainnya, tim penilai selain dari Ketua Tim penggerak PKK kabupaten serta anggota penilai juga didatangkan dari provinsi jambi, hingga akhirnya menemukan pemenang lomba.
Pukul 16.20 tim juri umumkan pemenang lomba, ada 2 kategori yakni lomba masak beragam bergizi seimbang dan aman, dan lomba masak serba ikan untuk OPD dan Kecamatan, sementara untuk kategori lomba B2SA adalah
LINGKUP ORGANISASI PERANGKAT DAERAH
Juara I BKPSDM sekaligus Juara favorit
Juara II Sekda
Juara III BKD

LINGKUP KECAMATAN
Juara I Kecamatan Rimbo Ilir sekaligus Juara favorit
Juara II Kecamatan Rimbo Ulu
Juara III Kecamatan Tebo Ilir

Untuk kategori Juara Loma Masak Serba Ikan adalah
LINGKUP ORGANISASI PERANGKAT DAERAH
Juara I BKPSDM sekaligus Juara favorit
Juara II BKD
Juara III Dispora

LINGKUP KECAMATAN
Juara I Kecamatan Muara Tabir sekaligus Juara favorit
Juara II Kecamatan Rimbo Ulu
Juara III Kecamatan Tebo Ulu

Kategori diatas berdasarkan penilan dewan juri yang dilakukan dari jam 10.30 sampai jam 16.00 dan mendapati hasil akhir diatas. (ST-HS)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Sukandar; Penilaian Harus Objektif

Trending Now

Adsen