Yok !! Saksikan Fenomena Supermoon

Iklan

Yok !! Saksikan Fenomena Supermoon

Suaratebo
Rabu, 31 Januari 2018 | 31.1.18 WIB
Gambar : Ilustrasi (Editing)

Suaratebo.net, Muara Tebo - Tanggal Pada tanggal 31 Januari 2018, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami peristiwa alam yang bersejarah, yaitu ‘Super Blue Blood Moon’. Menurut analisis BMKG, gerhana bulan akan berlangsung selama 5 jam 20,2 menit, yaitu tepatnya dari pukul 17.49 WIB hingga 23.09 WIB.

Fenomena supermoon merupakan fenomena astronomi yang alamiah biasa terjadi dengan selisih waktu terdekat antara Bulan dalam fase purnama dan Bulan berada di perigee ini dikenal sebagai Purnama perigee atau lebih dikenal sebagai Supermoon. Pada saat supermoon ini, Bulan akan lebih besar 14% dan lebih terang sekitar 30% dari ukuran saat Purnama biasa/ apogee (Bulan di dekat titik terjauhnya dari Bumi). Selain itu purnama perigee kali ini menjadi supermoon pembuka pada tiga rangkaian supermoon yang berdekatan. Fenomena supermoon kali ini biasa disebut dengan "fenomena trilogi supermoon". Trilogi Supermoon tersebut yang terjadi pada 3 Desember 2017, 2 Januari 2018 dan 30/31 Januari 2018.

Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun 2018, sejauh 356.565 km pada pukul 04:48 WIB lima jam berikutnya, pada pukul 09:24 WIB, Bulan akan berada pada puncak fase purnama, namun sangat disayangkan saat puncak purnama tersebut Bulan sudah terbenam dari wilayah Indonesia, walau demikian demikian masyarakat juga sudah bisa mulai menikmatinya pada 1 Januari 2018 malam.

Terhadap fenomena alam ini yang patut kita waspadai adalah efek Supermoon dapat menimbulkan pasang air laut menjadi maksimal, dapat mencapai 1,5 meter dan dapat juga terjadi air laut surut 100 sampai 110 sentimeter pada tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018, perubahan muka air laut tersebut akan terjadi di Sumatera Barat, Sumatera Utara, utara Jakarta, selatan Lampung, utara Jawa Timur, utara Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat.

Selain itu fenomena tersebut bisa mengakibatkann Hujan disertai kilat serta angin yang kencang, selain itu bagi nelayan perlu antisipasi untuk betul – betul memperhatikan keadaan cuaca.
Penjelasan tersebut sudah dirilis oleh www.bmkg.co.id selain itu Fenomena Bulan Purnama ini (supermoon) juga dibenarkan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Tebo Zoztapia yang membenarkan akan terjadi gerharan tersebut dan memberikan himbauan “Memang benar akan terjadi Gerhana, namun kita menghimbau serta menginstruksikan masing – masing KUA Kecamatan untuk melaksanakan sholat Gerhana” Jelasnya, ketika dikonfirmsi. (ST-HS)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Yok !! Saksikan Fenomena Supermoon

Trending Now

Adsen