DMPD Gelar Bursa Inovasi Desa, Menuju Tebo Tuntas 2022

Suara Tebo
DMPD Gelar Bursa Inovasi Desa, Menuju Tebo Tuntas 2022

Suaratebo,net. Muara Tebo - Peran desa dalam mendorong pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Tebo perlu ditingkatkan dengan berbagai macam inovasi.

Pemerintah Kabupaten Tebo dalam hal ini dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) mencoba memotivasi sejumlah perangkat desa dengan mengadakan Bursa Inovasi Desa dengan Tema " kito tibo, kito sepakat, kito tiru, kito kerjokan" Menuju Tebo Tuntas 2022. Di aula utama kantor Bupati Tebo Pada kamis (28/12/2017).

Ikut serta dalam kegiatan ini Wakil Bupati Tebo, Syahlan, SH, unsur Forkompinda, para Camat, Kades, Kepala OPD dan sejumlah perangkat desa yang ada di Kabupaten Tebo.

Sementara, Wakil Bupati Tebo, Syahlan, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa inovasi desa perlu dilakukan karena akan mendorong kualitas desa dengan cara mengembangkan potensi desa dan SDM yang ada di desa itu.


"Setiap Desa harus mampu memunculkan inovasi, karena anggaran DD bukan hanya infrastruktur saja, melainkan ada kegiatan yang bersifat memperdayakan warga untuk membangun desa,"ungkap Wakil Bupati Tebo, Syahlan.

Syahlan mengharapkan dengan adanya Bursa inovasi desa bisa mengarahkan pembangunan, baik itu infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat dalam percepatan pembangunan secara terwujud. 

Kepala dinas DPMD Suyadi, SH dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakan Bursa inovasi desa ini agar masing masing desa melaksanakan pembangunan sesuai regulasi, yang berkaitan dengan pembangunan desa.


"Bursa inovasi desa juga bertujuan untuk menggunakan DD desa secara efesien dan tepat sasaran," jelas Suyadi.

Sesuai arahan pemerintah pusat, Suyadi minta kepada kepala Desa pada tahun 2018 nanti agar fokus pada pemberdayaan masyarakat, jika ingin membangun sejumlah infrastruktur tentu harus sesuai dengan kebutuhan Desa.

"Kita minta tahun depan fokus pada pemberdayaan masyarakat yang selalu berinovasi," harap Suyadi.

Selain itu juga, Suyadi menginginkan desa harus mampu bertranformasi dengan meningkatkan kualitas terutama di bidang kreatifitas agar perekonomian masyarakat desa meningkat. (ST-end)


Pos Terkait