Tunggak 2 Milyar Ke PLN, Pemda Akan Segera Melunasi

Iklan

Tunggak 2 Milyar Ke PLN, Pemda Akan Segera Melunasi

Selasa, 17 Oktober 2017 | 17.10.17 WIB

Suaratebo.net, Muara Tebo - Besarnya tunggakan listrik oleh Pemda Tebo terhadap PLN, LPJU dan pemukiman yang asetnya milik pemda kini menyisakan keluhan. Terhitung semenjak Januari 2017, total tunggakan listrik Pemda Tebo kepada PLN mencapai 2 miliar.  Hal ini dibenarkan Kepala Badan Keuangan Daerah Tebo, Nazar Efendi saat disambangi suaratebo.net diruangannya, Selasa (17/10).

Nazar mengatakan jika informasi terkait tunggakan listrik pemda ke PLN sudah ia terima dari Dinas Perkim Tebo. Pasalnya beberapa waktu lalu Kadis Perkim sudah mewarning Pemda jika tunggakan listrik sudah membengkak.

"Iya yang tahun 2017 itu bakal kita selesaikan menggunakan anggaran ABT. Ini sudah kita bahas sebelumnya," ungkap Nazar meyakini.

Kendati demikian Nazar sangat menyayangkan sikap PLN, diakhir pembahasan ABT pihak PLN tiba - tiba menyampaikan laporan jika Pemda pada tahun sebelumnya masih meninggalkan tunggakan listrik. "PLN Tiba - tiba ngasih laporan tunggakan listrik pemda tahun sebelumnya. Pembahasan ABT sudah selesai. Kalau mekanismenya tetap kita lunasi, tapi tunggu pembahasan berikutnya," terangnya.

Disampaikan Nazar sedikitnya sisa tunggakan listrik pemda tahun sebelumnya mencapai Rp 500 juta. Kendati demikian pemda berjanji bakal menyelesaikan seluruh tunggakan listrik pemda kepada pihak PLN.

Sementara itu saat disinggung soal kewajiban PLN terkait pajak penerangan lampu terhadap Pemda Nazar bilang sejauh ini tidak ada masalah. "Pajak PLN ke Pemda bagus tidak ada masalah," tutupnya. 

Sedangkan Kadis Perkim Tebo, Prayitno saat diwawancarai beberapa waktu lalu soal  tunggakan listrik pemda dengan PLN mengakui adanya tunggakan tersebut. Dia bilang besarnya tunggakan tersebut kiranya bisa jadi pertimbangan pihak PLN untuk memberikan toleransi. Pasalnya baik pemda maupun PLN merupakan abdi negara pelayan bagi masyarakat. 

"Kita bicara pelayanan, ini kan untuk masyarakat juga. Mereka (PLN,red) sama seperti kita juga. Ya minimal kasihlah keringanan untuk pemda. Tujuannya juga untuk kesejahteraan bersama," keluh Prayitno.

Terpisah Manager PLN Rayon Muara Tebo, Indrajaya saat dihubungi kemungkinan besarnya tunggakan Pemda ke PLN berkisar 2 miliar. Pasalnya Tebo sendiri memiliki tiga rayon untuk memberikan pelayanan ke warga diantaranya, rayon Rimbo, Rayon Muara Tebo dan Rayon Tebo Ilir.

Jadi lanjut dia kalau tiga rayon kemungkinan besar bisa saja. Diakui Indra untuk rayon Muara Tebo total tunggakan pemda ke PLN seluruhnya mencapai Rp 560 juta lebih. "Kalau untuk rayon saya (muaratebo.red) itu total tunggakannya berkisar 560 jutaan "kata Indra meyakini.

Terakhir Indra menuturkan jika kewajiban restribusi pajak penerangan ke Pemda sejauh ini tidak ada masalah. (ST-BS2)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tunggak 2 Milyar Ke PLN, Pemda Akan Segera Melunasi

Trending Now

Adsen