Komisi II bantah Berikan Izin Panen Buah Sawit Milik PT. TAL

Suaratebo.net, Muara Tebo  - Adanya laporan dari pihak KUD ke Polsek Sumay, terkait pencurian buah kelapa sawit milik PT Tebo Alam Lestar...


Suaratebo.net, Muara Tebo - Adanya laporan dari pihak KUD ke Polsek Sumay, terkait pencurian buah kelapa sawit milik PT Tebo Alam Lestari (TAL) yang dilakukan sekelompok warga beberapa waktu lalu, dengan alasan warga telah mendapat kesepakat dengan pihak PT TAL, Komisi II DPRD Tebo serta izin dari Dinas LH Kabupaten Tebo.

Namun, komisi II DPRD Kabupaten Tebo, membantah bahwa pihaknya sama sekali tidak pernah memberikan izin atau ada kesepakatan untuk panen buah kelapa sawit itu.

Terkait hal ini, Ketua Komisi II DPRD Tebo, M. Yamin menegaskan jika pihaknya tidak pernah membuat kesepakatan dengan warga terkait pemanenan buah sawit milik PT TAL.

"Secara lisan maupun tulisan, kita tidak pernah membuat kesepakatan sama warga terkait pemananen buah sawit milik PT TAL,"ujar M. Yamin, saat dikonfirmasi pada Senin (9/10/2017).

Dirinya mengaku bahwa anggota Komosi II DPRD Tebo memang telah turun kelapangan untuk mengecek lahan perkebunan milik PT TAL. Hal itu terkait laporan warga tentang dugaan bahwa PT TAL menanam sawit di sepadan sungai.

"Kita memang sudah sudah kelapangan, tapi bukan untuk membuat kesepakatan,"tegas dia lagi.

Saat disinggung perkembangan laporan warga terkait tedugaan PT TAL menanam sawit di sepadan aliran sungai, Yamin mengatakan, "Kita sudah rapatkan ini. Dalam waktu dekat ini kita akan panggil kembali PT TAL, "kata dia.

"Kalau PT TAL terbukti menanam sawit di sepadan sungai akan kita sanksi sesui UU. Kalo masalah pencabutan izin akan kita jajaki dulu. Soalnya pembahasan kita belum sampai kesana, "pungkasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Sumay, Aiptu Umar Ibrohi mengatakan bahwa pihaknya bakal memanggil Eko Putra Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo.

Pemanggilan ini terkait kasus dugaan pencurian buah sawit PT Tebo Alam Lestari (TAL) oleh sekelompok masyarakat di Desa Semambu Kecamtan Sumay.

"Iya, kita akan manggil Kadis LH untuk minta keterangannya terkait kasus kasus pencurian sawit tersebut. Kemungkinan Senin atau Selasa depan kita panggil, "kata Umar.

Ditanya kapan aksi pencurian tersebut, Umar mengtakan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar tanggal 11 Sepetember 2017. Dimana, kata dia, sawit milik PT TAL yang berada di DAS di panen oleh sekolompok warga.

"Aksi pencurian ini berdasarkan laporan dari Ketua KUD, Hadi Muslim ke pihak Polsek Sumay pada 24 September 2017 kemarin, "kata dia.

Sementara, informasi yang berhasil dihimpun, bahwa sekelompok warga diduga melakukan panen buah sawit di pinggiran sungai milik PT TAL. Mereka beralasan telah mendapat kesepakat dengan PT TAL, Komisi 2 DPRD Tebo dan juga mendapat izin dari Dinas LH Kabupaten Tebo. Atas kejadian tersebut,  pihak KUD langusung melaporkan kejadian tersebut ke pihak Polsek Sumay.

Terkait hal ini, Kepal Dinas Lingkungan Hidup Tebo, Eko Putra mengaku telah mendapat informasi akan dipanggil oleh pihak kepolisian (Polsek Sumay) untuk dimintai keterangan,  "Informasi dari staf saya benar bahwa saya dipanggil untuk dimintai keterangan okeh pihak kepolisian terkait laporan pencurian buah sawit di Desa Samambu milik PT TAL" ungkap Eko.

Terkait dugaan bahwa LH Telah memberikan izin untuk memanen buah sawit tersebut,  Eko membantah dengan keras.  Dirinya menegaskan bahwa puhak LH Tebo tidak pernah mengizinkan atau mengeluarkan surat izin untuk melakukan panen terhadap buah sawit yang berada di sepadan sungai yang merupkan milik PT TAL.

"Ini fitnah, kita tidak memberi izin maupun mengeluarkan surat izin untuk panen buah sawit di sepadan sungai" kata Eko.

Malahan, kata Eko, sebelummya telah menyepakati bersama dengan PT TAL bahwa pohon sawit milik PT TAL yang berada di sepadan sungai atau 50 meter dari bibir sungai tidak diperbolehkan untuk di tebang, dipanen maupun dipupuk.

"Kita sudah menyepakati dengan PT TAL di provinsi bahwa 50 meter dari bibir sungai tidak boleh di tebang,  dipanen maupun dipupuk. Jadi fitnah kalau ada yang bilang LH mengizinkan itu" tuntasnya. (ST-end)
Name

ADVERTORIAL,45,ADVETORIAL,2,EDUKASI,49,EKOBIS,14,EKONOMI BISNIS,18,HUKRIM,479,NASIONAL,4,OLAHRAGA,1,PEMERINTAH,538,POLITIK,33,RAGAM,448,RAGAM INFORMASI,354,SLIDE,7,VIDEO,31,VIRAL,9,
ltr
item
Suara Tebo: Komisi II bantah Berikan Izin Panen Buah Sawit Milik PT. TAL
Komisi II bantah Berikan Izin Panen Buah Sawit Milik PT. TAL
https://3.bp.blogspot.com/-TMjBvEr4vsU/Wds9waZwqTI/AAAAAAAADQw/al4ldyfMEmgh2Ykte4Zn_FAfgmWBsNLEACLcBGAs/s320/aviary-image-1507537346210.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-TMjBvEr4vsU/Wds9waZwqTI/AAAAAAAADQw/al4ldyfMEmgh2Ykte4Zn_FAfgmWBsNLEACLcBGAs/s72-c/aviary-image-1507537346210.jpeg
Suara Tebo
https://www.suaratebo.net/2017/10/komisi-ii-bantah-berikan-izin-panen.html
https://www.suaratebo.net/
https://www.suaratebo.net/
https://www.suaratebo.net/2017/10/komisi-ii-bantah-berikan-izin-panen.html
true
2586284078587236435
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy